Kamis, 04 Maret 2010

pendidikan luar biasa perlu perhatian

Tasikmalaya - Sekolah Luar Biasa tempatnya menuntut ilmu bagi kaum Dhuafa seperti Tunanetra,TuliBisu dan Tunagrahita,salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) yang berada Dikota Tasikmalya,SLB Argasari Yayasan Lestari yang berada di Kelurahan Argasari Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Pada tahun ajaran ini Sekolah tersebut mempunyai 61 murid yang ditampung di satu ruangan yang berukuran 12x8 meter Kepala Sekolah SLB Argasari mengatakan “padahal kalau tempat belajarnya luas kami bisa menampung lebih dari itu, tetapi kami tidak bisa berbuat apa-apa karna pihak Provinsi Bisa Memberikan ruangan Baru kalo pihak Sekolah atau Yayasan mempunyai Tanah padahal tanah yang ditempati oleh kami adalah tanah hibah dari salah satu pengusaha yang berada dikota tasikmalaya”tuturnya. Sekolah tersebut mempunyai 3 Jurusan A,B dan C. Jurusan A bagi anak-anak Tunanetra, Jurusan B bagi anak-anak Tulibisu dan Jurusan C untuk anak-anak yang Tunagrahita. Salah satu mata pelajarannya yaitu Pengembangan Kretifitas yaitu membuat anyaman,padahal yang kami inginkan “adanya pengembangan kretiftas seperti menjahit, tapi Sarana dan Prasarananya belum ada. apa boleh buat kami hanya bisa menggunakan bahan-bahan bekas seperti pelastik, kardus dan bambu sebagai bahan yang sering kami pakai” tuturnya.

Perhatian pemerintah pada Pendidikan Luar Biasa sangatlah bagus tapi yang disayangkan tidak adanya pengembangan Sekolah Luar Biasa,dan perhatian Pemerintah sampai saat ini langsung dari Provinsi dari Dinas Pendidikan Kota sampai saat ini tidak mempunyai data Pendidikan Luar Biasa (PLB),Drs.Dadang Surachman M.Ak selaku Kasi Kurikulum pas ditemui oleh seputar parahyangan jumat,22 januari 2010 memebenarkan “dari dulu sampai sekarang Pendidikan Luar biasa langsung Dikelola oleh Provinsi” dan harapan beliau “untuk kedepannya diharapkan adanya pengawasan langsung dari Dinas Pendidikan Kota sehingga Pendidikan Luar Biasa di Kota Tasikmalaya bisa lebih diperhatikan dan kordinasi antara pihak sekolah bisa berjalan dengan baik” tutrnya. menurut survai kami dilapangan Dikota Tasikmalaya hanya mempunyai 5 Sekolah Luar Biasa padahal masyarakat sangat antusias untuk mensekolahkan anak-anak mereka.

Selain Sekolah Dasar ( SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) ternyata ada yang lebih membutuhkan Perhatian kita yaitu Pendidikan Luar Biasa (PLB) karna mereka membutuhkan uluran tangan kita, apalagi Intasi terkait. Sehingga mereka mempunyai masa depan yang cerah. ( rian )

Salah satu kegiatan Exstra di Sekolah Luar Biasa Argasari


Kegembiraan Orang Tua Murid Yang Sedang Memperhatikan anaknya Bisa Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar